Jumat, 03 Agustus 2012

" Apakah Makna Dari Kata MaaF Yang Sebenarnya "

Salam blogger...,,,

Semua bisa dimulai dengan ucapan kata " MAAF ". Apa itu makna kata Maaf..??? Apa hanya sebuah ucapan yang mudah diluncurkan dari mulut setiap kita melakukan kesalahan ..atau sebuah penyelesan yang mendalam atas kesalahan yang kita yang harus kita tunaikan dengan tulus dan ikhlas..??? Umumnya kita sering mendengarkan kata ini baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam suatu media. Sebuah kata yang cukup simple tetapi sangatlah berarti dalam hidup ini karena tanpa kata "Maaf " beberapa masalah khususnya masalah-masalah sosial atau pribadi diantara sesama mahkluk Tuhan atau masalah antara manusia dengan pencipta-Nya , bisa saja tidak selesai da hukumnya akan berlaku nanti .

Kesalahan yang terjadi antara umat manusia adalah hal yang lumrah , bahkan antara manusia dengan sang pencipta pun sering terjadi . Manusia yang senantiasa melakukan perbuatan yang dilarang oleh-Nya, didalam hal ini adalah melakukan kesalahan. Namun , bila ingin mengubah segala tindak dan perilaku kita , maka mulailah dengan sebuah kata " Maaf ". Tentunya ,bukan hanya sebatas kata yang kita ucapkan melalui bibir  saja , namun perlu kita lakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas .Permohonan apa pun termasuk maaf haruslah didasari ketulusan dan kesadaran akan kesalahan yang telah kita perbuat. Hingga akhirnya kita berjanji untuk tidak mengulangi atau setidak-tidaknya untuk tidak melakukan kesalahan yang sama secara sadar . Ambil suatu , misalnya kita yang terbiasa mencari kesalahan orang lain , menggunjingkan orang lain , atau melakukan perbuatan yang berakibat merugikan orang lain secara sadar hendaknya dengan tulus dan sadar berjanji untuk berusaha tidak mengulanginya lagi.

Sesuatu perbuatan baik berwujud pikiran , perkataan atau tindakan yang dilandasi rasa ikhlas dan sadar akan konsekuensinya akan lebih diterima olehnya. Siapa pun nama atau sebutan yang kita berikan padanya. Marilah kita mencari makna kata  " MAAF " dengan keikhlasan dan kesadaran dalam nurani sehingga tidak hanya sekedar ucapan omong kosong yang tidak akan membawa perubahan kualitas hidup kita . Tuntunan keyakinan apapun yang and laksanakan , saya sangat yakin tidak ada yang menunjukkan arah simbolika atau sekedar melalui tetapi pasti bertujuan memberikan hikmah bagi kita menjadi insan yang lebih baik . 

Menuntun kita menjadi umatnya yang mengikuti tuntunan untuk membawa berkah bagi alam semesta. Sebenarnya kita sebagai umat manusia melakukan permohonan maaf kita kepada-Nya setiap hari atau Pernahkah anda meminta maaf kepada seseorang yang pernah anda sakiti atau anda lakuan kesalahan terhadapnya ???Tentuya pertanyaan ini akan menggelitik kita karena baik memohon maaf  kepadanya maupun meminta maaf kepada orang lain , memerlukan sebuah pengorbanan terutama dalam hal emosi dan harga diri kita . Kebanyakan dari kita hanya bisa memberikan maaf atas perlakuan seseorang kepada kita yang tentunya kita anggap buruk dihadapan kita , namun biasanya sulit bagi kita untuk menekan ego dan harga diri untuk meminta maaf kepada sesama , bahkan kepadanya. 

Umumnnya kita selalu disibukkan dngn kebiasaan dan aktivitas yang setiap hari kita lakukan . Kita lupa bahwa dalam kegiatan dan aktivitas tersebut baik secara sengaja maupun tidak kita akan melakukan kesalahan itu . Bahkan , untuk sejenak melakukan permohonan maaf kepadanya saja cenderung kita lupakan. Lalu ,bagaiaman kita harus menurunkan ego untuk meminta maaf kepada sesama manusia..???.Dengan cara mengakui bahwa diri kita salah adalah suatu kejujuran yang luar biasa . Bagiamana mungkin dengan sejuta rasa "GENGSI " yang kita miliki , rasanya sangat sulit berkata maaf. Namun bagaimana dgn hati kita sendiri..???.Apakah sudah sangat mudah untuk terasa bersalah dan mengucapkan kata maaf ..??? Sungguh sebuah ironi yang membingungkan .Padahal dengan mengucapkan sebuah kata " Maaf " yang disertai hati yang ikhlas , itu akan membuka gerbang pengampunan dari-Nya . Itu juga akan membuat smua harus dimulai dari posisi awal , dimana antara kita dengan sesama ataupun dgn-Nya sudah tidak ada sesuatu hal yang perlu dipermasalahan .Namun dengan catatan kita tidak akan mengulanginya dikemudian hari .


:D

*Andisah Chubby*




1 komentar: